Pasar modal adalah aktivitas yang berhubungan dengan penawaran dalam perdagangan efek, industri publik yang berkaitan dengan dampak yang diterbitkannya, dan lembaga serta profesi yang berkaitan dengan efek.

Pada pasar modal, jual beli yang dilakukan adalah saham, obligasi, reksa dana, dan masih banyak lagi. Sebenarnya cara kerja pasar modal sendiri cukup sederhana. Itu karena, pasar modal akan mempertemukan antara pemilik usaha dan investor.

Tentu ini akan menjadi pertemuan yang sangat menguntungkan. Nantinya pemilik usaha akan bisa mengembangkan usahanya dengan lebih baik. Selain itu, investor akan mendapat tambahan penghasilan dari pemilik usaha tersebut.

Baca Juga : Tantangan dan Peluang Karir di Industri Keuangan

Ada Banyak Peluang Karir di Pasar Modal Indonesia

Merupakan kesalahan jika menganggap peluang karir di pasar modal sangat kurang. Itu karena, pasar modal adalah tempat yang memiliki peluang karir menjanjikan. Bahkan, ada banyak orang yang sukses menjadi kaya raya ketika bergelut di bidang ini.

Jika melihat secara keseluruhan, peluang karir yang ada sangat banyak. Terlebih dalam bidang pasar modal syariah. Namun ada tiga karir utama yang terlihat paling menjanjikan. Supaya lebih lengkap, berikut beberapa peluang karir tersebut.

  • Research Analyst

Peluang karir pertama saat bergelut di pasar modal Indonesia adalah menjadi analis dalam pasar modal. Umumnya analis dalam pasar modal terbagi menjadi analis fundamental dan analis teknikal.

Analis pasar modal memiliki peran penting, salah satu tugas paling penting yang seorang analis adalah menganalisis kondisi fundamental sebuah perusahaan yang terdaftar di bursa saham. Dari analisis tersebut, analis harus mengeluarkan rekomendasi juga untuk para investor untuk membeli, menahan, atau menjual saham-saham perusahaan tertentu.

Dalam menentukan Beli, Jual atau Hold, analis biasanya melakukan research dan memperkirakan nilai pasar atas efek yang bersangkutan.

Pentingnya profesi ini, maka pasar modal membutuhkan para analis yang tersertifikasi baik itu ilmu, integritas dan pengalaman.

Untuk jadi profesional analis pasar modal, sobat kompeten bisa mulai dari sekarang dengan Sertifikasi Kompetensi Analis Efek dan Teknikal.

Baca Juga:”Sertifikasi Analis Efek” dan “Sertifikasi Analis Teknikal”

  • Investment Banker

Karir di pasar modal Indonesia selanjutnya adalah dengan menjadi investment banker. Investment banker atau sering disebut IB juga begitu diminati dalam pasar modal. Itu karena, gaji yang ditawarkannya cukup menggiurkan.

Fungsi Investment Banking, yaitu mampu menangani pekerjaan bidang Corporate Financing meliputi Fund Raising, Initial Public Offering, Tender Offer, Merger dan Akuisisi, Fund Rising dan aktivitas terkait lainnya. 

Salah satu tugas adalah membantu sebuah perusahaan untuk mendapatkan pendanaan dari pihak luar. Tentu pendanaan ini bisa didapat dari berbagai sumber. Tetapi, untuk jenis paling umum, pendanaan ini biasanya didapat dari capital market seperti membantu proses IPO. Private Financing juga merupakan pekerjaan sebagai Investment Banking dalam mempertemukan pemodal dengan perusahaan untuk diinvestasikan atau masuk pada project tertengu. Namun investment banker bukan posisi yang bisa dilamar sembarang orang, karena harus memiliki kompetensi khusus.

Baca Juga : “Ini Dia Perlunya Sertifikasi Kompetensi Bagi Karyawan”

  • Fund Manager

Karir menjanjikan terakhir yang bisa dipilih ketika bergelut pada pasar modal di Indonesia adalah dengan menjadi fund manager. Sebenarnya fund manager adalah kebalikan dari investment banker.

Fund Manager melakukan pengelolaan Portfolio baik saham, obligasi, instrument pasar uang kedalam satu wadah yang dikenal dengan Reksadana. Perkembangan Produk seperti Reksadana terus bertumbuh, karena para Fund Manager harus kreatif membuat produk yang diterima oleh Pasar atau diterima oleh Investor.

Perlu diingat, ada banyak sertifikasi pasar modal yang perlu dimiliki untuk berkarir di pasar modal. Contohnya seperti sertifikasi manajemen risiko, kepatuhan dan lain-lain. Jika ingin mendapatkan sertifikasi tersebut, kamu bisa mendapatkannya di Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal atau LSPPM.

LSPPM merupakan lembaga sertifikasi yang sudah aktif di bidang ini dalam waktu lama. Tentu sertifikasi yang kami berikan juga sifatnya legal. Dengan legalitas tersebut, kamu akan lebih lancar ketika berkarir di dunia pasar modal di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed