Investasi aman yang terdaftar dan diawasi oleh OJK saat ini bertebaran di masyarakat. Namun, banyaknya investasi aman tersebut berbanding lurus dengan banyaknya investasi bodong. Patut diakui, saat ini juga banyak tempat investasi yang kurang sesuai dengan harapan.

Memilih tempat investasi semacam itu jelas merupakan kesalahan. Itu karena, hal semacam ini nantinya akan merugikan. Perlu diingat, ada banyak orang di luar sana yang rugi karena tertipu ketika bergelut di dunia investasi.

Untuk mengatasi masalah ini, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan teliti ketika memilih tempat investasi agar terhindar dari risiko penipuan investasi online. 

Baca Juga: “Keuntungan Memiliki Sertifikat BNSP untuk Karir”

Memilih Tempat Investasi Digital Perlu Berhati-Hati

  1. Legalitas

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika mencari tempat investasi adalah memerhatikan legalitasnya. Perlu diketahui, investasi legal pasti memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mungkin beberapa dari Anda pernah melihat tempat investasi yang menyebarkan data pribadi konsumennya.

Biasanya, penyedia semacam itu belum memiliki izin dari OJK. Perlu diingat, izin dari OJK sendiri pasti memiliki nomor resmi. Nantinya nomor izin tersebut bisa dicek secara resmi. Pastikan keberadaan nomornya untuk membuktikan legalitas tempat investasi, seperti OJK reksadana yang sudah terbukti memiliki legalitas.

  1. Website

Hal selanjutnya yang bisa diperhatikan ketika mencari tempat investasi legal adalah website. Pastikan perusahaan yang dipilih memiliki website resmi. Ingat ada perbedaan jelas antara website resmi dengan yang tidak resmi.

Itu karena, website resmi pasti kondisinya profesional. Perlu disadari juga kalau membuat website profesional membutuhkan biaya besar. Oleh karena itu, tempat investasi yang aman tentunya memiliki website yang profesional.

Lihat Juga : Strategi Diversifikasi Saham yang Tepat”

  1. Biaya

Ketika masuk ke dunia investasi, beberapa orang sering mencari situs atau aplikasi yang menyediakan biaya rendah. Kondisi ini biasa mengingat biaya tersebut akan membuat investasi menjadi lebih menyenangkan.

Namun ingat, tempat investasi yang sudah profesional tidak akan menyediakan biaya yang terlalu rendah. Oleh karena itu, anda harus berhati-hati apabila bertemu dengan tempat investasi yang biayanya sangat rendah.

Untuk menghindari kemungkinan buruk, lakukan saja survei pada beberapa tempat investasi. Lihat biaya yang diberikan oleh masing-masing tempat tersebut. Kalaupun ingin yang murah, pastikan selisihnya satu sama lain tidak terlalu jauh.

  1. Testimoni

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika ingin mendapatkan investasi digital yang aman adalah dengan memperhatikan testimoninya. Selalu pastikan kalau testimoni dari tempat yang dipilih positif.

Untuk mendapatkan testimoni sendiri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satu cara paling mudah adalah dengan melihat pada teman atau kenalan yang pernah berinvestasi.

  1. Pelayanan

Jangan lupa untuk memperhatikan pelayanan dari tempat investasi tersebut. Coba hubungi customer support, lalu perhatikan respons yang diberikan. Apabila responnya cepat, dapat dipastikan kalau pelayanan yang diberikan maksimal.

Namun, apabila respons yang diberikan lambat, jauh lebih baik untuk memilih tempat lain. Jika di awal saja responnya lambat, kamu juga pasti kesulitan jika kedepannya mengalami masalah.

Sebagai kunci kesuksesan di dunia investasi dan pasar modal, sertifikasi sangat diperlukan. Itu karena, sertifikasi akan membuat keahlian di bidang ini menjadi semakin matang. Untuk mendapatkan sertifikasi, kamu bisa mendapatkannya di Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal atau LSPPM.

LSPPM merupakan penyedia sertifikasi yang resmi di Indonesia. Nantinya apa yang diuji akan mempermudah anda ketika akan memasuki dunia investasi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux