Sertifikasi Kompetensi Sebagai Bukti untuk Tingkatkan Daya Saing

Sertifikasi kompetensi akan menjadikan para tenaga kerja memiliki kecakapan dalam keterampilan sesuai dengan standar ketentuan. Selain itu,  Sertifikasi Kompetensi juga dapat sebagai investasi dalam meningkatkan kualitas SDM perusahaan. 

Sertifikat kompetensi kerja merupakan sebuah pengakuan terhadap tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar kompetensi kerja yang dipersyaratkan.

Hal itu dikarenakan sertifikat kompetensi bisa dijadikan landasan hukum sekaligus jaminan bahwa kamu sudah layak dan pantas bekerja di bidang tertentu yang mana bertujuan untuk memastikan seorang tenaga kerja terjalin kredibilitasnya dalam pekerjaan yang diemban dan dipertanggungjawabkan.

Baca juga : Sertifikasi Kompetensi yang Perlu Kamu Ikuti”

Mengenal Manfaat Sertifikasi Kompetensi Kerja

Ada beberapa manfaat memiliki sertifikat kerja yang perlu diketahui. Untuk lebih jelas dan lengkap, silakan membaca informasi tentang pentingnya sertifikasi kompetensi di bawah ini.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Ketika seorang karyawan sudah mengikuti Sertifikasi Kompetensi, maka karyawan tersebut memahami standar melakukan pekerjaan yang baik sesuai bidangnya, yang mana akan timbul rasa kepercayaan dirinya saat menjalankan tugas dari perusahaan. Selain itu, bagi fresh graduate yang akan melamar pekerjaan. Ketika sudah memiliki sertifikat kompetensi akan memberikan pembuktian akan kemampuannya. 

        2. Meningkatkan daya saing

Ketika seorang karyawan telah mengikuti sertifikasi kompetensi maka perusahaan akan lebih mempertimbangkannya dan jenjang karir karyawan tersebut akan menjadi lebih baik.

        3. Meningkatkan Produktivitas kerja

Karyawan yang memiliki kompetensi di bidangnya dengan standar berkualitas maka kemungkinan terjadi kesalahan kerja akan menurun. Dengan mempunyai sertifikat kompetensi, biasanya pekerja akan lebih profesional sehingga kesalahan kerja akan lebih jarang ditemui.

        4. Memudahkan proses rekrutmen calon karyawan

Manfaat Sertifikasi Kompetensi bagi perusahaan yang ingin menyaring karyawan baru sesuai kompetensinya. Para pemegang sertifikat kompetensi akan memudahkan Staff HRD menjadi lebih mudah menemukan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan dengan tepat.

Baca juga : “Keuntungan Memiliki Sertifikat BNSP Untuk Karir”

Jika kamu saat ini sedang bekerja di industri keuangan terlebih di pasar modal. Kamu bisa mengambil Sertifikasi kompetensi kerja dari Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSPPM). Banyak produk atau skema sertifikasi pasar modal yang bisa kamu ambil. dan sudah pasti standarisasi nya dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

#tags : , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed