Apa itu sertifikasi BNSP? Perlu diketahui, BNSP merupakan kepanjangan dari Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi. (BNSP) merupakan badan nasional independen yang memiliki tanggung jawab langsung pada Kepala Negara.

Sertifikat Kompetensi BNSP hanya akan diberikan pada tenaga kerja yang, telah sesuai dengan standar kompetensi kerja yang dipersyaratkan dimana membutuhkan keterampilan dan kompetensi, serta sikap kerja tertentu.

Baca Juga : Keunggulan Sertifikasi Kompetensi di Industri Kerja

Sertifikasi BNSP Sangat Penting untuk Dimiliki 

Pemegang sertifikat Kompetensi berlisensi BNSP akan memperoleh banyak manfaat baik sebagai karyawan maupun perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat sertifikat kompetensi, antara lain:

  1. Kepercayaan Diri

Keuntungan pertama yang akan didapat ketika seseorang memiliki sertifikat kompetensi BNSP berhubungan dengan kepercayaan diri.

Terutama bagi fresh graduate dan entry level yang memulai karir, dengan sertifikasi dapat  menjadi bukti bahwa seseorang sudah sangat layak bersaing di dunia kerja. Ini jelas akan meningkatkan kepercayaan diri ketika berada di dunia kerja.

  1. Tingkat Kemampuan

Alasan selanjutnya mengapa sertifikat BNSP ini penting berhubungan dengan tingkat kemampuan, karena dengan sertifikasi kompetensi seseorang dapat mengetahui sejauh mana keahlian dan ditingkatkan menjadi lebih baik.

Baca Juga : “Peluang Karir Menjanjikan di Pasar Modal Indonesia”

  1. Akses Pengembangan Diri

Ketika seseorang ingin mengembangkan diri, sering terdapat kondisi dimana perusahaan tidak percaya dengan skill orang tersebut. Kondisi ini wajar mengingat perusahaan lebih menginginkan karyawan dengan keterampilan yang sudah matang.

Mempekerjakan karyawan yang keterampilannya belum matang hanya akan berakhir dengan kerugian. Oleh karena itu, penting untuk memiliki sertifikasi. Dengan adanya sertifikasi tersebut, masuk ke perusahaan akan terasa lebih mudah.

Ini tentu akan berpengaruh terhadap pengembangan diri. Itu karena, pengembangan diri yang dilakukan akan menjadi semakin terbuka.

  1. Mempermudah Perusahan

Ketika perusahaan menerima karyawan dalam jumlah banyak, sering terdapat kondisi dimana asumsi perusahaan terhadap seorang karyawan salah.

Nantinya ini berdampak pada penempatan karyawan yang salah. Kondisi semacam ini tidak akan terjadi apabila sertifikasi dimiliki oleh karyawan. Perusahaan dapat dengan mudah melihat sertifikasi tersebut sehingga penempatan bisa dilakukan dengan lebih baik.

  1. Produktivitas Kerja

Alasan terakhir mengapa sertifikat kompetensi BNSP ini penting berhubungan dengan produktivitas. Biasanya, perusahaan akan memberikan porsi lebih pada karyawan yang memiliki sertifikasi. Ini tentu bermanfaat terhadap produktivitas kerja dan kenaikan jabatan.

Apabila masih kebingungan ketika mencari tempat mendapat sertifikasi, anda dapat mengikuti rangkaian untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi di Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal. Kami merupakan lembaga sertifikasi pertama dalam bidang pasar modal di Indonesia dan telah memperoleh lisensi dari BNSP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed