Bagaimana cara belajar teknikal analisis pada saham untuk pemula? Artikel ini akan menjawab dengan menguraikan langkah dan tahapannya.

Pasar Modal menjadi salah satu sarana investasi bagi investor untuk bertranskasi baik saham, obligasi, maupun reksadana. Saat ini jumlah investor telah mencapai lebih 9.5 juta investor. Tentu dengan  Semakin bertambahnya investor dan/atau trader membuat pasar saham semakin bermanfaat bagi siapapun untuk berinvestasi.  Namun, sebelum masuk kamu perlu paham mengenai investasi yang sesuai seperti risk profile dan metode analisis agar bisa selalu eksis serta cuan di pasar modal.

Bagi kalian yang tertarik dengan pasar modal khususnya saham untuk investasi maupun  trading perlu menggunakan tools analisis. Untuk itu, kita seharusnya belajar lebih intensif secara mendalam agar tidak rugi. Ingat lho investasi di pasar modal merupakan investasi jangka panjang dan bukan jangka pendek. Dengan menguasai Tools analisa maka diharapkan kita mampu berinvestasi dengan baik. Bagian penting berinvestasi maupun trading membutuhkan kemampuan kita menerapkan strategi trading maupun analis investasi dengan baik.

Mengenal Cara Analisa pada saat investasi maupun Trading di Pasar Saham

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan oleh seorang investor maupun trader saat melakukan analisis. Semua tahapannya sebaiknya dilakukan step by step sehingga hasil akhirnya kita menguasai dengan baik. Banyak trader pemula melakukan transaksi tanpa melakukan analisa, hanya belajar misalnya dari sosial media tanpa punya pondasi yang kuat. Akhirnya pada saat melakukan trading, banyak trader yang nyangkut alias sahamnya mengalami koreksi.

Sebagai trader pemula memang perlu mengetahui informasi sekaligus pengetahuan dasar tersebut karena sangat penting. Terutama saat nanti melakukan trading yang sebenarnya di pasar saham. Lalu, apa saja langkahnya? Berikut uraian selengkapnya yang harus kamu baca.

Baca juga : “Analisa Teknikal vs Analisa Fundamental”

  • Mengenal Pasar Lebih Dulu

Pasar di sini diartikan pasar saham yang mana ada banyak aktivitas beli dan jual dengan instrument investasi seperti saham. Hal itu dikarenakan para trader saling berbagi informasi dan melakukan kegiatan jual beli di pasar saham. Banyak Grup WA maupun telegram yang dibuat untuk memberikan saran beli atau jual kepada members nya. Tentu kita harus pahami ketika kita ada di grup grup seperti ini, tapi sebaiknya bagi pemula jangan langsung percaya juga atas kata kata dari para trader di grup, ingat lho terkadang di pasar modal muncul yang namanya Pom Pom. Ingat Tujuan kita disana adalah untuk belajar dulu.

Kamu harus mengenalnya terlebih dulu minimal dasarnya agar nantinya mampu melakukan analisa teknikal di pasar saham. Namun sebelumnya, silakan mengenal komponen-komponen di dalamnya agar bisa mengetahui karakteristiknya.

Misalnya, Saham di Pasar Modal cukup fluktuatif atau naik turun. Selain itu, ada trader dan broker yang melakukan aktivitas di pasar perlu untuk  menganalisa nilai saham tersebut. Jadi, semua saling terkait dan menjadi aktivitas secara keseluruhan.

  • Analisa Teknikal Saham

Inilah tahapan berikutnya yang penting harus dilakukan. Secara umum, bertransaksi di pasar saham tetap mengandalkan analisis yang tajam serta akurat. Semaksimal mungkin analisanya harus tepat sasaran meskipun membutuhkan latihan terus untuk mempraktikkannya.

Kamu bisa belajar dulu mengenai cara menganalisa trading tersebut dengan membaca ataupun menonton videonya. Banyak cara virtual yang bisa kamu lakukan salah satunya dengan cara browsing melalui jaringan internet ataupun mengikuti kegiatan webinar. 

Dengan mengikuti webinar, ada begitu banyak narasumber dan referensi mengenai tema pasar saham dan trading. Pilih saja informasinya paling akurat yang diberikan oleh pakar saham terpercaya dan sudah populer di bidang ini. Dengan begitu, kamu dapat belajar lebih cepat dan efektif.

Simak juga: “Technical Analysis, Technical Profit & Cryptocurrency”

  • Belajar dari Trader Profesional dan Berpengalaman 

Ada banyak trader atau orang yang melakukan aktivitas jual beli di pasar saham maupun pasar uang. Namun, sedikit yang profesional dan berpengalaman di bidang ini. 

Trader tersebut sudah mempunyai jam terbang tinggi, sehingga dipastikan memiliki tips dan trik trading dengan jitu. Semaksimal mungkin kamu harus menemukan dan menghubungi trader tersebut baik di dunia nyata atau dunia maya. 

Mulailah belajar teknikal analisis saham dari senior maupun trader trader yang sudah cukup baik dan berintegritas. Kamu juga perlu, membeli buku atau sejenisnya untuk dibaca dan dipelajari agar bisa menjadi investor atau trader yang hebat juga.

Jika kamu ingin belajar lebih jauh terkait Analisa teknikal dan mendapatkan predikat ahli di bidang analisa teknikal, tentu kamu bisa mengikuti Sertifikasi Kompetensi Analisis Teknikal pada Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSP-PM).

LSPPM merupakan lembaga sertifikasi resmi yang sudah bergerak dalam waktu lama. Oleh sebab itu, kamu bisa mempercayakan pada kami untuk mendapatkan Sertifikasi di bidang Analisis Teknikal yaitu RTA (Regular Technical  Analyst) dan Sertifikasi CTA (Certified Technical Analyst)

Simak juga: “Investing 101: Technical Analysis for Profitable Investing”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux