Profil

Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSP-PM) merupakan lembaga penyeleggara uji kompetensi untuk sertifikasi profesi kepada para profesional di industri Jasa Keuangan bidang Pasar Modal .

LSP-PM didirikan oleh Asosiasi Profesi Pasar Modal Indonesia dengan bantuan dan dukungan dari berbagai asosiasi profesi di pasar modal. Yaitu:

1. Asosiasi Analis Efek Indonesi (AAEI)
2. Asosiasi Analis Teknikal Indonesia (AATI)
3. Asosiasi Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE)
4. Ikatan Pialang Efek Indonesia (IPEI)

Sejarah Singkat LSP-PM

LSP-PM didirikan berdasarkan inisiatif dari Ketua dari Asosiasi Analis Efek Indonesia, yaitu Bapak Haryajid Ramelan. Dimana beliau juga merupakan Sekjen dari Asosiasi Profesi Pasar Modal Indonesi (APPMI). Dalam hal ini Bapak Abi Hurairah selaku Ketua dari APPMI sangat mendukung inisiatif tersebut. Sehingga APPMI dan AAEI menggandeng Asosiasi Asosiasi Profesi lain di Pasar Modal untuk bersama-sama membangun Standar Kompetensi Khusus (SKK) bidang Pasar Modal dan juga mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSP-PM).

Selain itu pendirian LSP-PM mendapat dukungan dari Asosiasi Industri seperti Asosiasi Dana Pensiun Indonesia, Asosiasi Emiten Indonesia, dan Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia. Bukan hanya itu namun juga pendirian LSP-PM mendapat dukungan dari berbagai Lembaga Pendidikan diantaranya Master of Management Universitas Gadjah Mada (MMUGM), Pusat Research Pasar Modal Universitas Indonesia, Perbanas Institute, STIE Kesatuan, STIE Trisakti.

Sehingga pada tanggal 30 Juli 2013 berdirilah LSP-PM dengan akta Pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal Nomor 09 Tanggal 30 Juli 2013 di hadapan Notaris Sri Ambarwati, SH. Dengan semangat menyiapkan profesional yang handal dan meningkatkan jumlah profesional di pasar modal maka sebelum mengajukan lisensi ke BNSP, seluruh asosiasi profesi pasar modal yang tergabung dibawah APPMI menyusun Standar Kompetensi Khusus (SKK) sesuai dengan persyaratan sertifikasi profesi.

Terdapat 7 (tujuh) SKK yang disusun, yaitu: Analis Efek, Analis Teknikal, Compliance, Equity Sales, Investment Banking, Manajemen Portofolio, Manajemen Risiko. Dimana SKK tersebut disahkan oleh Keputusan Direktur Jendral Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementrian Ketenagakerjaan RI Nomor Kep.317/LATTAS/XII/2014.

Setelah itu barulah LSP-PM mengajukan lisensinya kepada BNSP dan diplenokan pada hari senin, tanggal 14 September 2014. siap menyelenggarakan uji kompetensi untuk sertifikasi profesi di bidang pasar modal